Biasanya motor bila hujan atau setelah melewati genangan air sering kali mati atau mogok karena terkena air . di bawah ini adalah salah satu tips nya :
1. BUSI
Pada umumnya, sepeda motor yang businya telah aus atau bermasalah akan mati mendadak kala putaran mesin rendah saat melaju dalam kecepatan rendah saat melewati genangan air atau banjir . Dan Saat dinyalakan mesin lama sekali hidupnya bahkan tidak nyala sama sekali . tips nya buka cangklong busi dan busi nya lap hingga kering kedua benda trsebut . (untuk motor bebek coba ganti cangklong busi punya mio pasti anti mogok pas melewati bajir atau genangan air) , ane udah nyoba sendiri .
Biasanya motor bisa hidup dan kemudian mati lagi dan begitu berulang-ulang. Hal itu dikarenakan ada air yang masuk ke dalam cangklong busi atau merendam nya .Gejala lain juga kerap ditemui adalah saat laju kendaraan konstan mesin tetap stabil. Namun, di saat tuas gas ditarik untuk meningkatkan kecepatan, tiba-tiba mesin mbrebet atau berpotensi mati. Bahkan, pada kasus-kasus tertentu timbul suara ledakan dari knalpot.
Setelah melakukan beberapa cara diatas pasang busi kembali beserta cangklong nya dan tempelkan busi pada bagian mesin terus selah motor dngn posisi kontak on dan amati dengan seksama, adakah percikan api yang berasal dari kepala api saat mesin dihidupkan? Bila tidak berarti busi telah aus atau bermasalah, sehingga wajib diganti. Sebaliknya, bila ternyata api dari busi masih normal, maka beralih ke koil dan CDI.
2. KOIL

Adalah komponen yang berfungsi untuk menaikkan voltage dari aki atau baterai kering. Berkat koil tegangan listrik dapat dinaikkan dan pembakaran di ruang bakar mesin lebih sempurna. Gejala yang kerap ditemui pada koil beda dengan permasalahan di busi, yaitu mesin tersendat atau sulit sekali dihidupkan. Berbeda dengan busi yang bermasalah karena adanya air yang masuk ke dalam nya.
Hal itu dikarenakan fungsi koil yang berperan sebagai pendokrak tegangan arus listrik dari aki. Cara mengecek komponen ini masih baik atau tidak sama seperti pengecekan busi, yaitu tempelkan kabel koil ke badan mesin lalu selah motor dengan posisi kontak on secara perlahan .
Bila terdapat percikan api jangan buru-buru menyimpulkan koil masih bagus. Masih harus dicek ulang dengan memasang busi, bila ternyata tidak ada percikan api berarti koil telah loyo dan tidak berfungsi optimal. Karena fungsi koil untuk memperbesar arus listrik . Kalau ternyata arus di busi tidak ada yang komponen itu berarti tidak berfungsi lagi. Tapi jarang masalah trjadi pada koil melainkan lebih sering terjadi pada busi .